From the blog

PENYAKIT-PENYAKIT KARENA FAKTOR ACIDOSIS

ACIDOSIS - ALKALOSIS

Berikut adalah pemaparan tentang penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena kondisi tubuh yang asam. Contoh-contoh dari masalah kesehatan yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu asam, antara lain seperti nyeri lambung, maag, asam urat dan acidosis.

Tulisan ini lebih mengkhususkan pada pembahasan penyakit-penyakit yang ditimbulkan atau dipicu oleh acidosis.

INFEKSI
Apakah semua infeksi disebabkan oleh bakteri dan virus? Mungkin memang tidak semuanya, namun bakteri dan virus sangat berhubungan dengan hal ini, seperti pada masalah pilek dan flu,TBC, kolera, tifus, malaria, polio, hepatitis, AIDS, dll.

Setiap hari, jutaan mikro-organisme masuk ke dalam tubuh kita –melalui makan dan minum, melalui napas, melalui kulit, melalui kontak seksual, dan sebagainya. Namun kenapa kita tidak langsung jatuh sakit seketika itu juga? Hal itu karena patogen ini berkembang hanya dalam kondisi yang agak asam. Jika Anda menjaga kondisi ke-basa-an tubuh, bakteri dan virus tidak akan berkembang dan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mudah dapat segera menangani mereka.

Pada dasarnya ada dua cara untuk melawan infeksi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan basa, karena bakteri dan virus berkembang hanya dalam kondisi yang asam. Jadi dokter meresepkan antibiotik, atau kadang-kadang vitamin C. Senyawa kimia yang namanya diakhiri dengan “in” -seperti aspirin atau vitamin- biasanya asam. Pendekatan pengobatan ini bisa memberikan efek yang kurang baik, meski mungkin tidak terjadi dalam jangka pendek. Mungkin pada awalnya hal ini dapat menhancurkan banyak bakteri dan virus. Namun perlu diketahui bahwa bagaimanapun tubuh kita lebih memiliki potensi untuk menjadi semakin asam dibandingkan menjadi semakin basa. Maka pada jangka panjang asupan senyawa kimia sebagaimana di atas justru akan memicu percepatan kondisi tubuh yang lebih asam dan dalam kondisi tubuh yang terlalu asam ini akan mendorong pesatnya bakteri dan virus untuk tumbuh dan berkembang.

Atas uraian di atas mungkin kita dapat sedikit memahami mengapa pendekatan untuk membuat tubuh lebih basa (alkali) adalah pendeketakan yang lebih efektif dalam rangka pengobatan. Salah satu cara paling efektif untuk melakukan hal ini adalah dengan cara melakukan konsumsi air alkali (basa) dengan spesifikasi yang baik. Ada beberapa parameter atau tolak ukur yang dapat dijadikan panduan seberapa baik mutu dan kualitas air alkali, antara lain adalah keorganikan mineral yang dikandungnya, tingkat molekul airnya, dan hal-hal yang menunjang efisiensi dan efektifitas penyerapan dan pendayagunaan ke-alkalian tersebut bagi tubuh –seperti: anti-oksidan dan scalar energy.

GIGITAN SERANGGA
Gigitan serangga mungkin tampak seperti iritasi ringan. Tapi hal ini dapat menyebabkan masalah besar. Penyakit seperti malaria dan demam haemorraghic/berdarah ditularkan oleh nyamuk. Ada juga beberapa wabah lain yang ditularkan oleh kutu. Serangga lebih cenderung menggigit jika darah Anda manis dan memiliki kondisi yang asam. Jika Anda tidak mengkonsumsi gula atau alkohol, maka tidak akan banyak nyamuk yang akan mengganggu Anda.

Guru makrobiotik Adelbert Nelissen, selamat pada perjalanannya keliling Afrika, yang mana di sepanjang perjalanan ini jumlah nyamuk begitu banyak hingga seperti membentuk kepulan asap hitam karena hal itu. Untuk menghindari gigitan serangga ini, ia menjaga dirinya dengan mengunyah tumbuhan lokal “umeboshi plum” yang memang sangat alkali di mulutnya sepanjang malam. Dan pada kasus yang lain, seseorang yang bernama Herman Aihara terdapati dalam kondisi yang parah karena digigit oleh nyamuk ketika ia pergi memancing setelah ia dua kali memakan cheesecake (yang sangat memicu kadar asam dalam tubuh).

OSTEOPOROSIS
Osteoporosis atau hilangnya kalsium dalam tulang, umumnya diakibatkan karena perubahan hormon setelah seorang wanita telah menopause.

Saran standar dari dokter dan ahli gizi adalah dengan cara lebih banyak mengkonsumsi susu dan atau makanan serta minuman yang mengandung susu, karena hal ini diyakini akan dapat memberikan supplay kalsium. Hal ini tampaknya logis. Kecuali bahwa hal itu tidak bekerja demikian.

Di Amerika atau Eropa Utara hampir rata-rata penduduk mengkonsumsi 800 mg sampai 1.200 mg kalsium per hari. Namun kasus osteoporosis justru paling banyak ditemukan di sana. Sebaliknya, orang di Asia dan Afrika pedesaan yang hanya mengkonsumsi 300 mg sampai 500 mg kalsium per hari justru jarang ditemukan kasus osteoporosis.

Penyebab utama osteoporosis adalah kondisi terlalu asam dari pola makan modern yang didominasi dengan banyaknya daging, gula dan bahan kimia. Untuk netralisasi tingkat keasaman yang tinggi ini, tubuh melakukan pelarutan kalsium dari tulang.

Masalah osteoporosis terjadi bukan karena kurangnya pola konsumsi kalsium yang cukup, namun masalah yang sesungguhnya adalah bahwa mereka kehilangan kalsium. Menjejali tubuh dengan kalsium dalam jumlah yang banyak bukanlah sebuah solusi jika masalah pokoknya adalah Anda kehilangan kalsium dalam jumlah yang tinggi.

Ketika ekstra kalsium yang berasal dari makanan tinggi protein seperti krim susu, keju dan es, hal ini justru akan memperburuk masalah, karena makanan ini adalah pembentuk asam. Hal ini justru akan membuat tubuh justru akan mengalami kehilangan banyak kalsium.

Solusi nyata adalah untuk membuat tubuh lebih basa adalah makan lebih banyak zat alkali (seperti sayuran dan air alkali) serta menghindari makanan pembentuk asam seperti daging, gula dan bahan kimia.

Kenyataan yang terjadi saat ini, banyak dokter, ahli gizi dan perusahaan susu yang melakukan kesalahan ketika mereka mengatakan bahwa susu adalah sumber alami terbaik untuk melindungi kalsium di dalam tubuh. Kalsium yang baik bagi tubuh justru dapat ditemukan dalam biji-bijian (biji wijen khususnya) dan rumput laut (terutama hijiki), karena mereka berisi kalsium hingga 14 kali banyaknya kalsium yang terkandung di dalam susu.

Terlepas dari polemik makanan berkalsium seperti di atas, hal terbaik yang perlu dilakukan untuk menghindarkan diri dari osteoporosis adalah dengan cara memberi asupan alkali yang cukup bagi tubuh. Alkali khususnya yang memiliki daya serap dan dayaguna yang baik adalah pasokan kalsium terbaik karena ia tidak akan membentuk asam yang menghilangkan kalsium dari tulang.

KELELAHAN
Lelah? Cobalah pergi keluar untuk beberapa saat guna menghirup udara segar. Lakukan beberapa latihan ringan dan lakukan olah nafas yang baik, maka Anda akan merasa segar. Tetapi jika Anda berolahraga terlalu keras, Anda akan merasa lebih lelah. Hal ini berkaitan dengan asupan oksigen, yang diperlukan untuk pembakaran glukosa. Glukosa akan memberi energi dan bila Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, maka pembakaran glukosa tidak akan lengkap dan Anda akan merasa jadi tidak energik.

Pembakaran glukosa yang tidak sempurna juga dapat mengakibatkan produksi dan akumulasi asam laktat. Hal ini akan menyebabkan sebagian darah menjadi lebih asam, dan salah satu gejala pertamanya adalah kelelahan.

Olahraga ringan akan meningkatkan asupan oksigen, lengkap pembakaran glukosa, dan Anda membuat merasa lebih baik. Tapi olahraga berat lebih meningkatkan kebutuhan Anda untuk oksigen. Jadi sekali lagi, pembakaran glukosa tidak lengkap dan Anda merasa lebih lelah.

Selama bekerja dan selama makan juga bisa membuat darah Anda menjadi asam. Hal ini akan membuat Anda merasa lelah. Air alkali memiliki kadar oksigen yang terukur sebagai alternatif yang baik untuk dimanfaatkan guna proses penyempurnaan pembakaran glukosa ini.

PENYAKIT MENTAL
Lebih banyak orang yang membutuhkan bantuan psikiater dan sedang dirawat di rumah sakit jiwa. Tapi ini hanya mewakili untuk sedikit kasus yang terjadi, karena masalah yang jauh lebih besar adalah “kebiasaan” yang menggiring seseorang mengalami depresi, frustrasi, marah, ragu-ragu, tidak aman, sinis, sombong, dan masalah mental lainnya. Ini semua adalah akibat dari gejala sistem otak dan saraf yang tidak bekerja dengan baik. Dalam kasus yang serius, orang yang mengalami gangguan mental ini disebut “gila”. Mungkin hampir semua orang saat ini bisa dikatakan sedikit terindikasi “gila”.

Sebenarnya, mereka semua menderita asidosis atau kondisi terlalu asam. Asidosis ini akan mempengaruhi saraf, dan gejala awal ketika kondisi ini terjadi adalah mengigau atau “gila tahap awal”. Dalam kasus ringan, kondisi yang terlalu asam pada darah akan membuat ketidakmampuan otak untuk berpikir baik atau bertindak cepat, jelas dan tegas. Kondisi yang basa (alkali) akan membantu Anda untuk berpikir dan bertindak dengan pikiran yang jernih.

KANKER
Ada beberapa hal yang dipersalahkan ketika terjadi penyakit kanker, antara lain: rokok, virus, bahan kimia makanan, radiasi, sinar matahari, stres, gen yang rusak, dan lain-lai. Tapi banyak ilmuwan meyakini bahwa salah satu penyebab utama kanker adalah kondisi terlalu asam. Ketika darah menjadi terlalu asam, maka beberapa sel akan mati. Hal ini akan mengubah sel darah menjadi sel yang abnormal. Sel abnormal ini adalah kanker.